Minggu, 22 Maret 2015

on Leave a Comment

STRUKTUR KOMPUTER

Struktur Organisasi Komputer

Organisasi Komputer Ialah Bagian yang Berhubungan  Dengan unit-unit Operasional Komputer dan komponen system.
Contohnya : Teknologi Hardware, Perangkat Antarmuka, Tenologi Memori, Sistem Memori. Dan Sinyal-Sinyal Kontrol.Sedangkan,
Arsitektur Komputer Adalah Atribut-atribut yang terkait dengan seorang Programmer
Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme input/output.


Struktur Komputer Adalah Komponen yang saling terkait atau berinteraksi satu sama lain dengan dunia luar untuk membentuk satu kesatuan yang menghasilkan fungsi tertentu.
Dalam hal ini computer berinteraksi dengan dunia luar maksudnya ialah   melalui peripheral dan saluran komunikasi. Peripheral atau perangkat tambahan pada computer berperan sebagai pelengkap fungsi computer jika diperlukan oleh user dan tidak bersifat primer(perangkat utama).
Sedangkan saluran komunikasi adalah perangkat untuk menyalurkan interaksi antara user dengan computer agar user dapat berkomunikasi dengan dunia luar. Jika antara peripheral dan saluran komunikasi memiliki fungsi penting yang berperan dalam duni luar agar user dapat berinteraksi secara luas. 

Struktur utama computer terdiri dari 4 bagian :
1.     Central Processing Unit (CPU), sering disebut otak computer dan sering disebut juga processor. berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi-fungsi komputer.
2.     Memori Utama (main menu), berfungsi sebagai penyimpan data.
3.     Input / Output  berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya sebagai inputan data untuk di olah kemudian menghasilkan keluaran data.
4.     System Interconnection, adalah sistem untuk menghubungkan perangkat seperti CPU, memori utama dan input atau Output.

Pada struktur computer ini yang paling kompleks adalah CPU  yang terdiri dari 4 Struktur Utama yaitu :
1.  Control Unit Yang berfungsi sebagai Pengontrol operasi CPU dan computer secara Menyeluruh
2.     Arithmatic Logic Unit ( ALU ) berfungsi untuk Perhitungan membentuk fungsi – fungsi pengolahahan data pada computer yang berupa angka biner.
3.     Register berfungsi sebagai penyimpanan internal( dari dalam ) bagi CPU.
4.     Internal System Busberfungsi untuk mengendalikan semua bagian CPU.

0 komentar:

Posting Komentar